Terimakasih Tuhan

Sejak hari itu, aku putuskan untuk hiatus dari dunia perkuliahan. Yang belum baca, biar kita nyambung, yuk mampir dulu, di sini.

Gak kerasa, ternyata aku rehat cukup lama. Satu bulan lebih; rebahan, scroll instragram, buka tutup whatsapp. Repeat 🔁

Kebayang ga kaya apa? Wkwk

Bosen banget gak sih? Pasti. Aku nyoba cari inspirasi dapetnya malah amunisi. Tau lah ya di rumah, perut sejahtera terus. Sampe akhirnya, liat temen udah ujian komprehensif, denger-denger ada yang mau sidang munaqasyah juga bulan depan. Seketika, triiing, "Wah, gabisa nih kaya gini terus. Kumaha nasib teh? Maenya ek rebahan wae, cik atuh mikir!" 

Mau gak mau aku harus pergi, mem-Bandung lagi. Entah karena sugesti atau apa, di rumah tuh bawaannya leha-leha terus. Gak nemu-nemu insight. Susah, mau dipaksa segimanapun tetep gak bisa. Hmmm :')))

(Ohiya, akhirnya aku bertekad untuk ganti penelitian. Walaupun penelitian sebelumnya bisa aku lakuin, tapi aku terlalu pesimis kalo harus lanjut)

Kepergian kali ini berat, berat banget. Kaya mau dijemput kematian. Sedih, pengen nangis terus bawaannya. Kaya pertama kali mau ke Bandung, 3 tahun yang lalu. Gak tau kenapa.

Awal bulan Februari aku berangkat. Sesampainya di Bandung, masih nyantai beberapa hari, adaptasi dulu ceritanya mah, alih-alih istirahat. Abis itu, langsung di alarm-in sama alam bawah sadar aku. "Inget, ke sini mau apa?" Oke baik, ambil buku Pak Jalaluddin Rakhmat, judulnya Psikologi Komunikasi.

Srrtt.. srrttt.. bentar, kayanya ada bab yang menarik. Soalnya sempet aku baca beberapa waktu lalu. 

Ahaaa... boleh juga nih, langsung nyusun latar belakang dan kerangka berpikir.

Sekitar seminggu, aku nyusun latar belakang. Hubungi dosen penguji satu, judul lolos, cuma ada beberapa perubahan. "Lanjutin ya." Siap laksanakan. Proposal jadi, aku hubungi dosen satunya, kebetulan yang nolak aku kemarin. 

"Assalamu'alaikum pak"

"Wa'alaikumsalam warohmatullah wabarokatuh"

"Pak, saya yang kemarin ujian dengan bapak, jadinya ganti penelitian"

"Sebelumnya apa?"

"..........."

"Sebenernya mau sekalian bimbingan ke bapak"

(Pikirku aku harus sempro lagi, dengan penguji yang beda)

"Loh, ini saya nguji anda"

Deg..deg..deg

Mamam, aku gak siap-siap. Habis lah dibabat sama pertanyaan-pertanyaan yang masyaallah. Bener aja, aku gak bisa jawab dong. Dikasihlah pe'er yang se-abreg. Tapi karena lagi semangat, tiga hari setelahnya aku langsung ngadep lagi.

Beres? Ett belum, kalem. Masi ada revisi dong wkwk

Balik, langsung kerjain, besoknya ketemu lagi.

Alhamdulillah, dua hari sebelum valentine aku di-ACC. Gak ada hubungannya sih, tapi da seneng we.. Seneng banget ya Allah, sampe pengen nangis. Pokonya di hari itu, aku akhirnya dapet tanda tangan beliau-beliau.

Selesai proposal-an, aku break lagi, karena persiapan ujian komprehensif di bulan berikutnya.

Bulan ketiga, kabar duka menyelimuti Indonesia. Gak ada yang pernah nyangka kan corona bisa tau Indonesia. Lockdown, PSBB, social distancing, physical distancing; mengalihkan perhatian.

Kabar baiknya, aku perlahan memahami tanda-tandaNya. Pasti selalu ada hikmahnya. Kenapa proposal pertamaku ditolak, kenapa aku ragu, kenapa perlu rehat. Dan inilah jawabannya.

Berhubung belum sampai penutup. Tentu saja, hari-hari berikutnya tidak selalu baik.

Tapi, aku belajar untuk tetap bersyukur. Termasuk ketika dosen penguji killerku, jadi dosen pembimbing skripsiku. Hehehehe~~

Lanjutin jangan?


Segala puji bagi Allah, atas segala nikmat dan karunia-Nya, terimakasih atas setiap pelajaran berharga. Juga keluarga Bapak Sukma yang selalu support materi imateri. Keluarga AMP2, i wuff yuu 😚💖 

Komentar

  1. Siap mba nya, timakaciiii sudah mampir ya 💖

    BalasHapus
  2. Boleh bagi user Instagram atau ID Telegram-nya kak? Kamu unik. Jejak digital media sosial mu susah di lacak wkwk

    Kita pernah ketemu di salah satu rekan mu saat menikah pada 23 Agustus 2021 lalu

    BalasHapus
  3. Terimakasih kaaaaa eva 😉

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pastikan Perjalanan Udaramu Tak Sendeso Saya

Lulus Bukan Hanya Perihal Keinginan, Tapi Juga Tanggung Jawab